Jumat, 18 Oktober 2013

Aku dan Nursing Informatics





Artikel ini akan menceritakan tentang penulis dengan nursing informatic. Cerita bermula dari pengisian KRS tahun ketiga ketika semester ganjil. Ketika itu penulis sedang membuka portal akademik untuk mencontreng blok-blok semester ganjil tahun ketiga dan melihat daftar nilai, penulis melihat mata kuliah baru bertitel blok 4.1 yang teridiri dari tiga jenis.Padahal dulu sewaktu penulis tahun kedua blok 4.1 hanya ada 2 jenis yaitu Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris. Dan jenis mata kuliah baru tersebut adalah Nursing Informatic. Pada awalnya penulis berpikir bahwa mata kuliah ini akan membahas tentang alat komunikasi dan sistem komunikasi dalam keperawatan. Berlanjutlah ke tahun ke empat, penulis menginjak blok 4.1, penulis bela-belain nitip pengisian KRS pada sahabat untuk mencontrengkan blok 4.1 Elektif Nursing Informatics karena takut kehabisan kuota. Akhirya dimulailah kuliah Nursing Informatics. Dan ternyata banyak hal yang dipelajari. Minggu pertama, We learned about Nursing Informatics and Health Informatics.



“ Nursing Informatics is science and practice (that) integrates nursing, its information and knowledge, with management of information and communication technologies to promote the health of people, families, and communities worldwide.” (IMIA Special Interest Group on Nursing Informatics 2009)”



Intinya dari minggu pertama adalah penggunaan teknologi memudahkan kegiatan layanan kesehatan dan tentunya untuk bidang keperawatan juga. Sayangnya ilmu ini belum begitu dikenal dan dipelajari di Indonesia karena masih jarang artikel-artikel jurnal yang membahas topik ini (pengalaman penulis dalam mencari artikel Nursing Informatic berbahasa Indonesia). Di sisi lain ini peluang bagi penulis dan pembaca untuk mengembangkan lebih jauh nursing informatics di Indonesia apalagi di era BPJS yang akan bergulir tahun depan. Kalau masih mengunakan sistem manual akan tidak efisien.

Minggu kedua dari blok nursing informatics ada kegiatan filedtrip ke RSUD Banyumas. Kegiatan ini bagi penulis sangat bermanfaat. Penulis tahu bagaimana teknologi memudahkan dokumentasi keperawatan dan penulis berkesempatan mencoba aplikasi tersebut. Penulis dikenalkan dengan sistem informasi managemen rumah sakit dan sistem infromasi managemen keperawatan.  Di Banyumas, penulis bertemu dengan perawat-perawat hebat, tidak sekedar merawat pasien, beliau-beliau menciptakan inovasi lain yang bermanfaat bagi rumah sakit tempat mereka bekerja. Ini adalah alamat website rumah sakit Banyumas http://rsubanyumas.go.id. Pembaca bisa sedikit mengintip aktivitas di RS yang pertama kali menerapkan teknologi informasi dalam managemen keperawatannya dan terintegrasi dengan sistem penggajian. Sekedar informasi juga di rumah sakit ini intervensi perawat telah ada besaran nominal apresiasinya alias harga-harga untuk tindakan keperawatan yang dilakukan. Seingat penulis untuk tindakan memandikan klien biayanya sekitar 7,5 ribu.

Minggu Ketiga, minggu terakhir dari blok nursing informatics. Minggu penuh tantangan dan banyak ilmu yang didapatkan. Penulis mendapatkan tugas mandiri untuk membuat akun blog dan peta epidemiologi kasus diare menggunakan aplikasi epi info. Kedepan setelah blok nursing informatics selesai, penulis akan tetap bercengkerama dengan ilmu ini karena sangat menarik dan menyenangkan. (pitajeng)
  


0 komentar :

Posting Komentar